4 Startup Kuliner Kopi Yang Sukses Berbisnis Di Indonesia

Modal adalah salah satu hal paling penting dari sebuah startup atau perusahaan rintisan. Tentang permodalan ini, startup identik sekali dengan yang namanya modal ventura. Modal ini adalah modal awal dari investor atau perusahaan modal yang juga dikenal sebagai jenis pendanaan untuk mengembangkan bisnis muda atau rintisan. 

Kini yang menjadi salah satu sektor incaran para investor ventura adalah startup berbasis makanan dan minuman atau kuliner. Apalagi seperti yang dilansir dari Bisnis.com, Asosiasi modal Ventura Stratup Indonesia (Amvesindo) berpendapat bahwa akan semakin agresifnya akselerasi dan eskpansi startup kuliner.

Salah satu stratup kuliner yang kini marak bermunculan di Tanah Air adalah startup kopi. Munculnya usaha rintisan yang seperti ini memang sekaligus menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 yang telah didepan mata. 

Lalu siapa saja sih startup kuliner kopi yang sukses berbisnis di Indonesia? Berikut dibawah ini 4 startup kuliner kopi yang sukses berbisnis di Indonesia diantaranya yaitu : 

Kopi Kenangan

Sumber: www.wartaekonomi.co.id

Selain karena kopi gula aren “Kenangan Mantan” yang menjadi andalannya, Kopi Kenangan ditahun 2019 kemarin sempat viral lantaran mendapatkan pendanaan di Seri A dari Jay-Z penyanyi rap dunia serta Caris Levert pebasket NBA. 

Kopi yang memiliki menu es doger ini juga telah mendapatkan pendanaan ventura pertamanya di tahun 2018 lalu. Saat itu, kopi keninian ini berhasil mendapatkan dana dari Alpha JWC Ventures.  Hebohnya lagi, Kopi Kenangan juga berhasil mendapatkan pendanaan Seri B senilai US$ 109 juta dari beberapa investor seperti Sequola Capital, B Capital, Horizon Ventures, Verlinvest, Kunlun, Sofina, serta Alpha JWC Ventures. 

Fore Coffe

Fore Coffe yang menjual kopi kekiniaan berbasis aplikasi ini juga berhasil mendapatkan pendanaan ventura. Pada Januari 2019, stratup yang telah berhasil membuat para pelanggannya mendapatkan pengalaman online-to-online ini mendapatkan pendanaan senilai US$ 8,5 juta. 

Modal tersebut didapat dari sejumlah investor seperti East Ventures, SMDV, Pavillion Capital, Agaeti Venture Capital, Insignia Ventures Partners, serta beberapa angel investor lainnya. Fore memanfaatkan modal yang didapatkannya untuk memaksimalkan inovasi O2O serta meningkatkan pendapatan petani kopi lokal. 

Coffindo

Coffindo terlahir dari tangan dingin seorang wirausaha asal Medan yang bernama Irfan Anwar. Startup ini fokus berjualan kopi serta alat alat pembuat kopi. Coffindo hingga saat ini telah tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Pekanbaru, dan Medan. Bahkan hingga Amerika Serikat. Coffindo juga telah memiliki kafe bernama Coffice di Bandung dan Yogyakarta. 

Semua produk yang variatif dari Coffindo bisa dibeli secara online. Dimana semua produk variatifnya itu memiliki kualitas terbaik dan 100 % dari Indonesia.

Otten Coffe

Memang Tanah Air kita dikenal sebagai salah satu negara pernghasil kopi terbaik di dunia. Bahkan beberapa daerah di Indonesia seperti Bengkulu dan Sumatera Utara mampu menghasilkan kopi yang nikmat meski tidak termasuk specialty coffe. Fakta tersebut kemudian mendorong seorang eksportir kopi yaitu Robin untuk merintis stratup kopi. 

Dan akhirnya lahirlah Otten Coffe di tahun 2012 lalu. Bisnis tersebut menjual kopi dari berbagai daerah seperti Sumatera dan Bali. Disediakan juga alat alat kopi bagi mereka yang tertarik memulai bisnis kedai kopi. 

Selain itu masih ada startup kuliner kopi lainnya yang sukses berbisnis di Indonesia seperti Kopitani.id dan  Kopibara.id.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *