5 Jenis Kain Tekstil Murah yang Perlu Kamu Tahu

Ketika ingin membuat suatu produk dengan bahan dasar tekstil tentunya hal penting yang perlu diperhatikan yaitu pada penggunaan jenis kain tekstil. Tentunya suatu produk memiliki kesesuaiannya tersendiri terhadap jenis kain, itulah mengapa pelaku usaha dibidang tekstil penting untuk memperhatikan hal ini.

Tidak hanya itu, sebagai pelaku usaha tentunya kamu juga harus memperhatikan biaya atau modal yang perlu dikeluarkan agar dapat menentukan harga dari suatu produk dan mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan. Memilih jenis kain tekstil yang memiliki kualitas baik namun memiliki harga terjangkau tentunya perlu diperhatikan untuk mendukung bisnis kamu. Berikut lima jenis kain tekstil murah atau terjangkau yang bisa menjadi pilihan untuk produk kamu.

  • Polyster

Jenis kain satu ini merupakan jenis kain yang banyak digunakan pada produk tekstil, hal tersebut karena kain ini memiliki harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang baik dalam beberapa aspek. Kain jenis ini memiliki ciri khas yakni cepat kusut dan tidak menyerap keringan karena serat kain pada polyster kasar yang didapat dari campuran zat plastik dan serat dari minyak bumi. Namun kain ini memiliki kualitas keawetan yang tidak perlu dipertanyakan.

Dalam industri digital printing sendiri bahan ini sering digunakan untuk cetak kain atau print kain sehingga diminati banyak pelaku tekstil yang ingin memberikan desain pada kain dengan jasa print kain.

  • Hyget

Kain jenis ini merupakan kain dari bahan sintesis yang dibuat dari kombinasi kain katun dan polyster, kain ini juga memiliki harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang baik. Kain hyget sendiri memiliki beberapa jenis ketebalan yang membuatnya memiliki harga yang berbeda, kain hyget yang memiliki jenis kain tipis biasanya digunakan untuk membuat kaos dan memiliki harga yang murah. Namun kain hyget dengan jenis ketebalan medium memiliki harga yang juga medium serta kain hyget premium tentunya memiliki harga yang lebih mahal.

  •  Viscose

Kain jenis ini terbuat dari campuran bahan rayon dengan kain yang memiliki karakteristik tekstur lembut serta sejuk ketika dikenakan. Kain ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat dress, kemeja, kaos, dan lainnya. Kain jenis ini memiliki harga yang juga terjangkau sehingga banyak diminati karena cocok untuk berbagai jenis produk seperti yang disebutkan tadi. Kain viscose cocok digunakan didaerah tropis karena sifatnya yang menyerap keringat dengan baik.

  • TC (Teteron Cotton)

Bahan ini merupakan jenis kain yang dibuat dari bahan baku alami kapas dan juga sintesis, komposisinya yakni 65% kapas dan 35% polyster. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat kaos polos. Kekurangan dari kain ini yakni tidak sejuk ketika dikenakan sehingga jarang diminati, namun karena seiring berkembangnya industri tekstil kain ini pun mengalami transformasi menjadi lebih sejuk dan nyaman ketika dikenakan.

  • CVC (Chief Value Cotton)

Jenis kain yang memiliki harga terjangkau terakhir yakni kain dengan kombinasi kapas dan juga viscose yang memiliki kualitas baik karena memiliki tekstur kapas yang lembut serta dengan adanya polyster membuat kain menjadi tidak gampang rusak. Kain jenis ini biasanya digunakan untuk membuat seragam resemi seperti polisi, pns, sekolah, kemeja, perawat dan lainnya karena memiliki tekstur yang cocok untuk dibuat produk tersebut. Harga nya yang terjangkau membuat kain jenis ini juga menjadi pilihan masyarakat.

Itulah kelima jenis kain yang bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang memilih kain untuk diberikan desain atau printing kain dengan jasa print kain. Tentunya dengan harga yang terjangkau namun kualitas prima, tentunya kamu bisa membuat berbagai produk tekstil dengan desain kamu sendiri menggunakan jasa print kain.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *