Bagaimana cara mengubah word ke pdf di komputer ?

Bagaimana cara mengubah word ke pdf di komputer ? – Ngomongin tentang dokumen, tentu sebagian besar dari Anda yang sering menghadapi komputer atau komputer/ laptop kenal banyak jenis format dokumen, misalnya Word, PDF, Excel, dsb.

cara mengubah word ke pdf

Namun, jenis format file umumnya yang digunakan secara luas untuk membuat laporan merupakan format Word dan PDF.

Kedua format dokumen tersebut berbeda, tetapi keduanya sangat luas dipakai untuk berbagai kebutuhan. Dari mulai kebutuhan belajar hingga kebutuhan bisnis. Umumnya, untuk jenis data yang penting, banyak orang menggunakan beberapa jenis format PDF karena lebih aman dan juga dapat diakses di mana saja tanpa risiko kerusakan atau kena virus ketika diprint pada komputer yang ber-virus. 

Untuk membuat dokumen biasanya kita mengetik di MS Word dan kemudian baru mengkonversi ke PDF jika diperlukan.

Perlu Anda tahu, mengubah file Word ke PDF tidaklah sulit, bahkan sangat gampang. Hal ini karena sebenarnya ada beberapa cara di mana Anda bisa melakukannya secara offline untuk mengkonversi file word Anda ke PDF.

Tapi mau secara online atau offline, itu sebuah pilihan. Yang jelas apakah Anda melakukannya secara online atau offline, merubah word ke PDF dapat dilakukan pada komputer/ laptop Anda sendiri.

Cara Mengubah Word Ke PDF Menggunakan Komputer/ Laptop Secara Offline

Cara Mengkonversi Word Ke PDF Pakai Komputer/ Laptop Dengan MS Word

Ini hampir sama dengan cara Anda menggunakan LibreOfce, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Cara ini bisa dilakukan untuk MS Office versi 10 sampai versi paling update :

  1. Langkah pertama membuka dokumen yang ingin dikonversi ke PDF, baik file masih dalam bentuk Doc atau docx di komputer/ laptop Anda.
  2. Setelah Anda memilih berkas dokumen word tersebut, klik menu FILE di sudut atas > kemudian pilih Save As.
  3. Tentukan di folder mana Anda akan menyimpan
  4. Setelah itu pada File Name, ketik untuk memberi nama file yang akan Anda simpan.
  5. Di bawah File Name, ada pilihan Save As Type, Anda pilih yang PDF
  6. Setelah itu klik Save

Cara Merubah Word Ke PDF Dengan Fitur Ekspor Di Libreoffice

Cara pertama untuk mengubah Word ke PDF bisa dengan fungsi LibreOfce. LibreOfce adalah perangkat lunak alternatif untuk penggantian MS Office yang Anda gunakan secara gratis.

Fitur menarik yang Anda gunakan adalah kemampuan untuk mengubah file dari dokumen Word ke format PDF. Untuk caranya begitu mudah, sekarang jika Anda tidak tahu, maka ikutilah langkah di bawah:

  1. Langkah pertama Anda dapat membuka aplikasi LibreOffice, tetapi jika Anda tidak memilikinya, download terlebih dahulu.
  2. Setelah LibreOffice Anda buka, kemudian klik menu OPEN, dan kemudian Browse ke dokumen Word yang akan Anda ekspor ke PDF.
  3. Jika Anda telah membuka dokumen Word yang akan diubah, klik ikon ekspor (yang PDF) pada menu bar dan ketik nama file, selanjutnya simpan file.

Cara Mengubah  File Word Ke PDF Dengan Menggunakan Foxit Reader

Foxit Reader Selain berfungsi sebagai aplikasi untuk membaca PDF, fitur lainnya dapat digunakan untuk mengedit, dan mengubah berbagai bentuk file ke PDF. Termasuk dalam hal ini mengubah word ke PDF.

Berikut adalah langkah-langkahnya secara detail :

  1. Cari file yang berformat word pada komputer/ laptop yang ingin Anda ubah ke PDF.
  2. Kemudian klik kanan dan pilih menu Convert to PDF ke Foxit Reader.
  3. Aplikasi Foxit Reader kemudian akan terbuka dan menampilkan dokumen tersebut. Simpan dengan memilih File Menu dan kemudian klik Save.

Mengkonversi File Word Ke PDF Dengan Komputer/ Laptop Secara Online

Ada banyak situs online yang saat ini menawarkan layanan untuk mengubah file yang berformat MS Word ke PDF dan salah satunya yang sangat saya rekomendasikan adalah freepdfconvert.com. Berikut adalah langkah untuk mengubah file word ke PDF menggunakan situs freepdfconvert.com:

  1. Buka alamat situs ini dengan link url https://www.freepdfconvert.com/id
  2. Setelah Anda membukanya, Unggah file Word yang hanya ingin Anda ubah dengan cara “drag and drop” atau dengan Pilih File.
  3. Setelah itu, tunggu hingga upload selesai completed 100%. Kemudian proses mengubah file word ke pdf akan dilakukan secara otomatis oleh website tersebut.
  4. Setelah proses konversi selesai, Anda dapat mengunduh hasilnya secara langsung ke komputer atau PC dengan mengeklik Unduh File. Kemudian file tersebut akan terdownload. Kamu tinggal cari lokasi folder hasil download-an tersimpan.

Sebetulnya masih banyak situs-situs pengkonversi file secara online. Tinggal Anda googling dengan kata kunci “convert word to pdf online”. Atau kalau mau gratis tinggal tambahkan kata free. Pasti banyak bermunculan situs-situs tersebut di beranda google.

Jadi seperti inilah review singkat tentang bagaimana cara mengubah word ke PDF melalui komputer/ laptop. Mari kita berharap itu berguna untuk Anda.

Dan Admin sangat berterima kasih jika Anda mau menshare artikel ini ke teman ataupun kolega yang sedang membutuhkan. Barangkalai bantuan Anda yang terasa sepele ini kepada teman Anda, bisa menjadi batu lompatan untuk mendapatkan kesuksesan yang lebih tinggi.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *