Mengenal Cara Kerja Ac Rumah dan Gedung serta Dasar Dasarnya

Mengenal Cara Kerja Ac Rumah dan Gedung serta Dasar Dasarnya – Air Conditioner atau Air Conditioner adalah salah satu perangkat elektronik yang kini banyak ditemukan di sebagian besar rumah saat ini.

Di tengah permasalahan yang semakin parah tahun ini, tentunya semakin banyak orang yang membutuhkan alat ini. Alasannya sederhana, seperti namanya, alat ini mampu mengatur suhu panas di lingkungan menjadi sangat dingin bahkan sangat dingin, sebagaimana dikatakan oleh teknisi ac solo.

Sebelum mengetahui cara kerja AC, Anda harus mengetahui asal muasal penemuan alat ini. Pada tahun 1902 Willis Carrier, yang merupakan seorang insinyur listrik pada saat itu, membuat perangkat yang mampu menyerap kelembapan tinggi di udara musim panas yang hangat untuk diproses melalui instrumen hingga menjadi dingin.

Kemudian udara dingin mengalir melalui tabung (yang juga dingin tentunya) untuk dikeluarkan. Ketika dia menyadari bahwa Carrier menyadari bahwa dia telah menemukan perangkat dengan potensi besar bagi kemanusiaan: AC! Lalu bagaimana cara kerja AC tersebut?

Bagaimana Pengondisian Bekerja: Dasar-dasar Pengkondisian

AC mendinginkan ruangan dengan menggunakan prinsip fisik sederhana. Konversi alami cairan menjadi udara akan menyerap panas, ini disebut fase konversi. Pengkondisian udara menggunakan campuran kimia untuk menciptakan lingkungan di mana sering terjadi penguapan dan kondensasi.

Campuran ini disebut refrigeran yang terdiri dari chlorofluorocarbons (CFCs), hydrochlorofluorocarbons (HCFCs), atau perfluorocarbons (FC). Zat pendingin dari senyawa ini mampu membuat konversi fasa. Selain itu, AC memiliki kipas yang mampu mengalirkan udara panas saat melewati kumparan yang berisi refrigerant.

Udara panas dialirkan oleh fan sehingga mengalir melalui kumparan evaporator yang berisi refrigerant. Coolant kemudian melakukan tugasnya dengan menyerap sebanyak mungkin sambil berubah bentuk dari cair menjadi gas.

Agar pendingin dapat berfungsi kembali, AC harus mampu membentuknya kembali dari gas menjadi cair. Ini dilakukan dengan menekan gas (menekan) dengan tekanan yang sangat tinggi. Tekanan tinggi ini kemudian akan menyebabkannya memanas yang kemudian dialirkan keluar ruangan oleh kedua kipas dan koil kondensor. Kemudian siklus ini terjadi berulang kali saat AC berjalan.

Kedua prinsip ini mendasari cara kerja arus bolak-balik sederhana.

Cara kerja AC: Unit AC rumah standar

Untuk menjalankan fungsi ini, AC membutuhkan setidaknya beberapa unit. Beberapa unit tersebut adalah kompresor, katup ekspansi, koil panas, koil pendingin, dua unit kipas, dan satu unit kontrol.

Salah satu sistem yang umum digunakan saat ini adalah unit sistem terpisah. Sistem ini digunakan pada sisi panas dengan sistem pendingin membentuk sistem pendingin udara yang lengkap.

Sisi dingin terdiri dari katup ekspansi, koil dingin yang dipasang ke saluran, dan sistem udara yang mampu mengalirkan udara. Sisi dingin ini disimpan di dalam ruangan dan salurannya juga disimpan di dalam ruangan. Sedangkan sisi panas atau yang biasa disebut dengan unit kondensor ditempatkan di luar ruangan.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak dari kedua sistem tersebut yang tidak mengalami perubahan. Sejak 1902 ketika ditemukan bahwa AC beroperasi dengan prinsip yang sama. Perbedaan yang ada saat ini tidak banyak mengubah platform, tetapi cenderung mendukung cara kerja platform.

Beberapa tambahan baru saat ini termasuk komputer pintar yang mampu membantu sistem secara keseluruhan, selain berkali-kali mengubah bahan kimia menjadi senyawa kimia yang semakin ramah lingkungan.

Namun sistem ini menjadi masalah jika diterapkan pada bangunan besar, terutama pada bangunan berlantai banyak. Sistem terpisah ini memiliki jarak yang terbatas. Karena terciptanya sistem pendingin berbasis udara atau dikenal dengan sistem air dingin.

Cara kerja AC: Unit AC di gedung-gedung besar

Mode pengoperasian AC, yang kami jelaskan sebelumnya, sangat berbeda pada bangunan besar daripada unit di rumah pribadi.

Yang juga sudah kami jelaskan, salah satu cara kerja AC pada bangunan besar yang sangat populer adalah dengan menggunakan sistem air dingin. Dalam sistem ini, semua AC ditempatkan di atap gedung atau di luarnya (tempat terpisah dari gedung). AC dengan sistem ini akan beroperasi terlebih dahulu dengan cara mendinginkan udara hingga 4,4-7,2 ° C. Udara dingin ini kemudian mengalir ke seluruh gedung dan dilayani oleh saluran keluar udara.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *