Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jahe Anti Ribet

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jahe – Di samping menjaga pola hidup yang sehat dengan berolahraga, menjaga kesehatan tubuh juga dapat dilakukan dengan cara memperhatikan asupan nutrisi yang kita konsumsi.

Selain makan makanan yang sehat, Anda juga bisa mengkonsumsi ramuan-ramuan herbal alami seperti jamu.

Jamu telah turun temurun dari zaman nenek moyang dipercaya sebagai obat tradisional. Tentu khasiat jamu ini tidak bisa diragukan lagi. Salah satu jamu tradisional yang populer di tengah masyarakat Indonesia yaitu jamu kunyit asam jahe.

Seperti namanya, obat tradisional ini berbahan dasar rimpang kunyit, rimpang jahe, dan asam jawa.

Bedanya dari jamu kunyit asam biasanya yaitu komposisi tambahannya. Jamu kunyit asam jahe ini dibuat dengan penambahan rimpang jahe yang terkenal bisa menghangatkan tubuh.

Tentu dengan penambahan komposisi tambahan ini, manfaat atau khasiat yang diberikan jamu kunyit asam jahe juga akan bertambah.

Seperti yang kita tahu, jamu kunyit asam sendiri memiliki beragam manfaat untuk mencegah dan mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Diantaranya yaitu meredakan nyeri saat datang bulan, mencegah risiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi otak, mencegah risiko penyakit jantung dan stroke, menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menurunkan berat badan, meredakan stres, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jamu kunyit asam juga bermanfaat dalam bidang kecantikan, sebut saja untuk mencegah penuaan dini, mencegah dan mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

Manfaat-manfaat jamu kunyit asam jahe ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, senyawa curcumin, dan senyawa zingeron.

Wah ternyata banyak sekali manfaat dari jamu kunyit asam jahe. Jadi, apa Anda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri? Kali ini saya akan membagikan cara membuat jamu kunyit asam jahe yang praktis dan mudah Anda praktekkan di rumah. Mari simak informasi berikut ini!

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jahe

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jahe

Bahan-bahan:

  • 6 ruas rimpang kunyit
  • 4 ruas rimpang jahe
  • 3 asam jawa
  • 2 batang serai
  • Gula jawa secukupnya
  • Sejumput garam
  • 1000 ml air

Cara membuat:

  1. Bersihkan kunyit, dan jahe. Kemudian iris menggunakan pisau menjadi potongan kecil-kecil.
  2. Buanglah biji asam jawa. Ambil dagingnya saja.
  3. Siapkan blender. Masukkan air bersama dengan racikan jamu lainnya meliputi kunyit, jahe, dan asam jawa. Blender hingga halus.
  4. Setelah itu, masukkan ke dalam panci. Tambahkan gula jawa, garam, dan batang serai yang telah digeprek. Rebus hingga mendidih.
  5. Jika telah mendidih dan gula jawa telah larut, langkah selanjutnya yaitu penyaringan. Saring ramuan jamu kunyit asam jahe menggunakan kain bersih. Ulangi sekali lagi agar lebih maksimal. Pastikan tidak ada ampas yang ikut bersama jamu yang akan disajikan.
  6. Jamu kunyit asam jahe siap disajikan. Minuman tradisional ini bisa langsung Anda konsumsi selagi masih hangat, atau bisa juga ditambahkan es batu.

Baca Juga: Resep Rahasia Cara Membuat Manisan Mangga Kering

Selain dapat diminum langsung, Anda juga dapat menyimpan jamu kunyit asam jahe untuk dikonsumsi di lain hari.

Caranya yaitu dengan memasukkan jamu kunyit asam ke dalam botol kaca atau botol tertutup. Kemudian simpan jamu kunyit asam jahe di dalam kulkas. Sebaiknya jamu tidak disimpan terlalu lama, maksimal 2-3 hari.

Saat Anda hendak menikmati jamu kunyit asam jahe, Anda dapat memanaskannya di atas kompor terlebih dahulu.

Sangat mudah bukan? yuk coba buat jamu kunyit asam sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun dapat Anda temukan dengan mudah di sekitar Anda.

Selain rasanya yang enak, Anda juga akan mendapatkan manfaat-manfaat dari mengonsumsi jamu kunyit asam jahe. Selamat mencoba ^^

Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di FreeIBForums.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *