Cara Membuat Rambut Nenek, Jajanan Jadul

Cara membuat rambut nenek – Siapa yang tidak tergoda oleh camilan rambut nenek? Jajanan jadul ini sangat digemari karena rasanya yang manis dan lembut. Dari anak-anak hingga orang dewasa, Anda pasti menyukai makanan tradisional ini.

Cara Membuat Rambut Nenek

cara membuat rambut nenek

Makanan ini dikenal luas sebagai hiasan rambut nenek karena aslinya berwarna putih dan berbentuk seperti rambut nenek. Cek juga web rumahmesin untuk mencari mesin yang diinginkan.

Tetapi saat ini permen rambut nenek dilengkapi dengan pewarna makanan yang membuatnya berwarna-warni seperti merah muda, atau biru. Rasanya pun bermacam-macam, misalnya melon, pandan, durian, dll.

Biasanya permen rambut nenek ini dimakan sebagai isian wafel yang renyah dan tidak berasa. Selain menambah tekstur saat dikonsumsi, rasa manis dari gulali juga diminimalkan.

Bagi Anda yang ketinggalan era 90-an, tidak ada salahnya membuat snack manisan rambut nenek di rumah. Berikut resep permen nenek yang mudah:

Bahan Bahan Membuat Rambut Nenek:

  • 250 gr tepung ketan
  • 250 gr gula pasir
  • 200 ml air mineral
  • 0,5 sdt air jeruk nipis
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Rambut Nenek:

  1. Panggang 250 gram tepung ketan hingga harum, lalu matikan kompor. Langkah selanjutnya adalah menuangkan tepung sangrai ke dalam wadah yang lebar.
  2. Kemudian taburkan secara merata dan diamkan hingga panasnya hilang. Menyisihkan.
  3. Siapkan wajan, lalu tambahkan semuanya kecuali tepung ketan yang sudah disangrai. Kemudian masak dengan api sedang selama 8 sampai 10 menit sambil diaduk, lalu jangan sering diaduk saat memasak agar gula tidak mengkristal.
  4. Kemudian aduk hingga buihnya hilang dan menjadi bening. Kemudian angkat wajan dan tuangkan campuran gula kapas panas ke dalam loyang lain yang sudah diletakkan di atas bak berisi air. Biarkan permen kapas berdiri hingga mengental dan sedikit mengeras.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengambil gulali secukupnya, lalu membentuk cincin dalam wadah yang diisi tepung. Kemudian putar adonan hingga membentuk angka 8 dan lipat lipatannya.
  6. Lipat, puntir, dan kocok adonan gulali setidaknya 15 hingga 20 kali sehingga cincin yang terhubung sangat tipis dan terlihat seperti rambut.
  7. Permen rambut nenek siap disajikan.

TIPS:

  • Untuk mengetahui apakah gula cukup kental atau tidak saat mendidih dan berbusa. Matikan kompor dan aduk terus adonan. Jika buih cepat hilang, berarti adonan masih encer. Tolong masak lagi. Namun, jika oven sudah mati, aduk lama-lama busa agar hilang. Artinya adonan persis ketebalannya dan bisa disebut adonan cotton candy.
  • Pemakaian perasan jeruk nipis harus sesuai jumlahnya karena jika terlalu banyak, kembang gula bisa sulit mengeras. Namun jika dilewatkan, gula akan cepat mengeras. Jadi pastikan sesuai dengan dosisnya.
  • Simpan rambut nenek dalam wadah tertutup agar tidak cepat menggumpal.

Permen Rambut Nenek

Permen rambut nenek berbeda dengan permen lainnya. Permen ini tidak berbentuk seperti permen rambut. Makanya, karena bentuknya, permen kapas disebut akar rambut nenek. Permen rambut nenek sendiri dibuat dengan cara tradisional yaitu dengan mencampurkan tepung terigu dengan gula pasir.

Setelah itu tarik adonan menjadi serat yang sangat tipis. Proses ini hampir sama dengan yang digunakan untuk membuat pasta. Nama lain untuk manisan rambut nenek adalah Arum Manis, dan orang Tionghoa disebut jenggot naga.

Ada yang berpendapat bahwa ini berasal dari Malang, namun ada pula yang mengatakan berasal dari desa Kesambi di Lamongan. Ada banyak cerita unik dalam permen kapas ini.

Konon, dulu permen rambut nenek ini ditukar atau ditukar dengan rambut rontok, bukan dengan uang. Dan keunikan yang dipertukarkan tergantung dari rambut yang dikoleksi. Rambut juga diteruskan oleh penjual untuk membuat sanggul atau semacamnya.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *