Cara Membuat Thai Tea Chatramue Sendiri

Cara Membuat Thai Tea Chatramue Sendiri – Mungkin saat kalian semua di rumah saja, selain membuat jajanan atau makanan ringan, mesti tidak lupa juga dengan membuat minumannya. Dan salah satu minuman yang segar dan bisa kalian buat sendiri di rumah adalah minuman thai tea. 

Apa itu Thai Tea?

Thai tea adalah minuman asal Thailand yang sekarang mulai mendunia. Pada 1980-an, pedagang dari China mendistribusikan teh hitam atau teh Cha Yen, bahan baku thai tea.

Namun, harga naik tergantung dari seduhan teh Ceylon, teh hitam dengan aroma yang sangat kuat dari Sri Lanka. Teh yang Anda pilih tidak bisa sembarangan karena teh harus memiliki aroma yang menyengat dan rasa hitam yang sangat pekat.

Pantas saja Ceylon atau Cha Yen dipilih. Tidak hanya dalam merendam teh hitam saja, thai tea tidak lengkap tanpa menambahkan bahan lain seperti asam jawa dan adas manis, bumbu dan pewarna makanan oranye yang merupakan ciri khas dari teh Thailand itu sendiri.

Warna oranye pada teh bukan karena perendaman teh, melainkan karena pewarnaannya. Agar lebih kental dan manis, teh pedas tersebut kemudian dipadukan dengan gula pasir, susu kental manis, susu kental manis atau santan.

Selain itu, es batu merupakan elemen penting yang membuat thai tea enak saat kita haus. Meski saat ini sudah banyak yang menjual thai tea di Indonesia, namun Anda bisa mencari kebutuhan sendiri maupun yang ada di kota Anda.

Thai tea yang bisa didapatkan disini adalah teh Thai otentik dengan perpaduan teh hitam yang sangat pekat dan memiliki aroma yang kuat berhubungan dengan susu kental manis, susu kental manis dan tentunya dengan tambahan gula yang kemudian diaduk selagi teh masih panas.

Kemudian Anda dapat memilih apakah Anda ingin menikmatinya panas atau dengan tambahan es. Tentu saja, thai tea dingin sangat menggiurkan! Cek juga web rumahmesin.com tuk menemukan mesin yang kalian inginkan.

Manfaat Thai Tea Bagi Tubuh

Chayen, atau bahasa lain untuk thai tea, dibuat dari campuran teh hitam, adas manis, kapulaga, bunga jeruk, gula, dan susu. Teh ini juga bisa disajikan hangat atau dingin, tergantung selera Anda. Berbagai jenis bumbu yang ditambahkan pada teh ini juga menunjukkan bahwa teh ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

1. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Bahan teh khas Thailand ini adalah daun hitam yang mengandung antioksidan yaitu polifenol dari theaflavin, myricetin, epicatechin, catechin, kaempferol dan thearubigins.

Antioksidan dalam teh hitam, kapulaga, dan adas manis membantu tubuh kita melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa katekin memiliki sifat karsinogenik yang meningkatkan risiko kanker di usus halus, pankreas, hati, usus besar, kandung kemih, prostat, kulit, paru-paru, kerongkongan, dan kelenjar susu dapat menurun.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Arteri

Antioksidan pada teh hitam dan adas manis membantu kinerja pembuluh darah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Meningkatkan Stamina

Teh hitam memiliki khasiat seperti kopi, yang menarik kafein, yang merupakan stimulan. Zat ini memperbaiki sistem saraf pusat Anda sehingga Anda bisa fokus. Seiring waktu, kandungan gula dalam teh Thailand akan memberi kita lebih banyak energi.

4. Menurunkan Berat Badan

Menurut Live Strong, kombinasi antioksidan dan kafein dapat membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh selama olahraga berat. Karena proses pembakaran yang sangat cepat, tubuh terpaksa menggunakan cadangan lemak yang tersedia agar bisa menurunkan berat badan lebih banyak.

5. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Teh hitam dapat menghambat beberapa bakteri karena mengandung atau mengandung senyawa fenolik dan tanin. Ada bintang dengan senyawa seperti linalool, anethole dan asam shikimicanti yang dapat melindungi tubuh kita dari berbagai patogen atau kuman. Jika keduanya digabungkan, E. coli, yang menyebabkan diare, dapat dicegah untuk tumbuh.

Cara Membuat Thai Tea Chatramue

Bahan-bahan dalam Membuat Thai Tea ChaTraMue :

  1. 1 liter Air
  2. 6 sdm Bubuk teh ChaTraMue
  3. Susu Kental Manis
  4. 6 sdm Susu Evaporasi (per gelas)
  5. 1,5 sdm Gula pasir (per gelas)
  6. Es Batu (Selera Masing Masing)

Cara Membuat Thai Tea ChaTraMue:

  1. Pertama tama didihkan air, jika sudah bergelembung tipis masukan bubuk teh, dan tunggu hingga mendidih sempurna.
  2. Setelah teh mendidih sempurna (wangi khas dan warna menjadi merah bata kecoklat2an) dilanjut dengan menyaring teh dan biarkan sehingga teh tidak panas lagi
  3. Kemudian tuang 300ml teh kedalam shaker (dapat menggunakan botol), lalu masukan gula, setelah itu SKM 3 sdm full lalu dikocok sekitar 15-20 detik supaya menghasilkan foam foam
  4. Selanjutnya tata es batu di gelas, tuang teh yang sudah dikocok, dan terakhir tuang susu evaporasi
  5. Minumampun siap tuk dihidangkan ataupun diminum sendiri

Selamat mencoba dan semoga kalian semua berhasil dalam pembuatannya.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *