Cara Membuat Video Untuk Youtubers Pemula

Windows Movie Maker 2

Sebagai seseorang yang baru akan memulai membuka channel di Youtube, tentu ada beberapa hal dasar yang harus kamu kuasai seiring dengan berkembangnya channel kamu. Salah satunya yaitu membuat produksi video, baik dari proses sebelum produksi hingga post produksi seperti editing. Bagi seseorang yang baru memulai, umumnya akan memproduksi videonya secara individu dan belum memiliki tim khusus.

Salah satu hal yang akan membuat suatu video menarik bagi penonton tentu tidak hanya dari cerita atau pun pesan dari video tersebut, namun bisa juga dari bagaimana cara kamu mengemas dan menyajikan video tersebut pada penonton channel kamu. Maka dari itu, sebagai seseorang yang ingin memulai karir di Youtube dan belum memiliki tim editor, ada baiknya kamu mulai mempelajari cara edit video sederhana dengan menggunakan beberapa aplikasi edit video pc gratis seperti di bawah ini.

Hingga artikel ini ditulis, sudah banyak developer yang menyediakan beragam aplikasi editing gratis yang bisa digunakan. Jadi, tidak ada alasan untuk berkata tidak dapat memproduksi video sederhana, karena saat ini sudah terdapat banyak tutorial yang bisa kamu coba juga.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi edit video gratis yang bisa kamu coba langsung di laptop kamu.

1. AVS Video Editor

Sebagai salah satu aplikasi editing gratis untuk pc atau laptop, AVS Video Editor terbilang cukup menarik jika direkomendasikan untuk seorang pemula. Bagaimana tidak, tampilan interfacenya yang menarik, serta beberapa fitur yang ditanamkan pada aplikasi tersebut akan semakin memudahkan penggunanya dalam menciptakan video pertama mereka.

Dibandingkan dengan beberapa aplikasi editing professional lainnya, layaknya Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, dan beberapa competitor lainnya, ukuran dari AVS Video Editor dapat dikatakan sangat kecil. Tentu saja ini akan menguntungkan jika dijalankan pada PC yang tidak memiliki spesifikasi tinggi dan tentunya tetap dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, untuk mengatur video yang akan diedit, kamu dengan mudah dapat melakukannya dan melihatnya melalui timeline yang tersedia di layar. Selain itu, kamu juga bisa lho menambahkan efek sederhana, kemudian teks, bahkan hingga audio agar video kamu menjadi semakin menarik. Dengan fitur cache yang tertanam, proses rendering juga semakin lebih cepat, meskipun video tersebut sudah beresolusi HD.

2. Windows Movie Maker

Bagi kamu yang sudah menggunakan windows sejak generasi Windows XP, mungkin sudah tidak asing dengan nama aplikasi yang satu ini. Atau mungkin ada dari kalian yang justru belum mengenal aplikasi Windows Movie Maker? Jika belum, tenang, kami akan jabarkan ulasannya disini.

Seperti namanya, Windows Movie Maker merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Windows untuk memudahkan para pengguna sistem operasi mereka dalam menciptakan produksi video sederhana. Jadi, aplikasi ini bisa juga dibilang sebagai aplikasi ekslusif milik Microsoft yang sudah ditanam pada sistem operasi secara otomatis.

Sayangnya, untuk bisa menggunakan Windows Movie Maker, kamu tidak bisa menjalankannya di versi Windows terbaru saat ini atau Windows 10. Versi terakhir dari Windows Movie Maker yang bisa digunakan hanya dapat kamu temukan di versi Windows 7 saja. Jadi, hati-hati ya jika menginstall aplikasi Windows Movie Maker di Windows 10. Bisa jadi itu merupakan tiruan dari developer yang bukan official.

Nah, sebagai gantinya, untuk bisa melakukan editing video sederhana di windows 10, kamu bisa menggunakan fitur Video Editor yang sudah disediakan oleh Microsoft. Meskipun hanya memiliki fitur yang terbatas, namun tentunya aplikasi ciptaan Microsoft ini akan sangat bermanfaat untuk membantu kamu dalam mengenal alat-alat dasar dalam video editing, sebelum nantinya kamu menjadi lebih lihai dalam mengolah video untuk channel youtube kamu.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *