Cara Mengasah Pisau Pada Meat Grinder Dengan Amplas

Meat grinder atau mesin penggiling daging saat ini bisa ditemukan dimana-mana sebagai salah satu peralatan dapur yang banyak digunakan. Mesin ini memiliki berbagai macam fungsi, dimana selain menggiling daging, meat grinder juga bisa menggiling jenis bahan makanan lainnya. Baik itu kacang-kacangan, biji-bijian, hingga berbagai jenis sayuran bisa digiling dengan halus menggunakan meat grinder.

Namun, terkadang ketika sering digunakan, beberapa bagian meat grinder mungkin akan mengalami malfungsi atau kerusakan kecil. Mulai dari plat penggiling, bagian untuk memasukkan daging, atau pisau pemotong yang ada di dalam meat grinder bisa mengalami malfungsi. Terutama bagian pisau pemotongnya, terkadang bisa berkurang ketajamannya sehingga hasil potongan maupun hasil gilingan menjadi kurang baik hasilnya.

Pada masalah pisau pemotong yang berkurang ketajamannya, maka untuk mengatasinya diperlukan perawatan khusus untuk membuat pisau tajam kembali. Untuk itu, cara terbaik agar membuat pisau pada meat grinder menjadi tajam kembali adalah dengan mengasahnya untuk mengembalikan ketajamannya. Mengasah pisau pada meat grinder bisa dilakukan dengan membawanya ke tempat servis mesin, namun untuk menghemat biaya bisa dilakukan sendiri.

Ada tiga cara yang umum dilakukan untuk mengasah pisau pemotong di dalam meat grinder untuk mengembalikan ketajamannya. Ketiga cara tersebut yaitu mengasahnya menggunakan amplas, diasah menggunakan batu pengasah, dan terakhir adalah dengan menggunakan mesin belt sander. Dari ketiga cara tersebut, mengasah pisau meat grinder menggunakan amplas adalah cara paling mudah dan murah untuk dilakukan.

Berikut adalah langkah-langkah mengasah pisau pada meat grinder yang bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan amplas:

Persiapkan alat yang diperlukan

Pertama-tama, persiapkan alat yang akan digunakan untuk mengasah pisau pemotong yang ada di meat grinder. Alat yang diperlukan adalah amplas, sarung tangan keselamatan, obeng, air, lembaran kaca, dan kain bersih serta meat grinder itu sendiri.

Lepaskan pisau pemotong dari meat grinder

Kedua, setelah mempersiapkan semua alat yang diperlukan, selanjutnya adalah melepaskan pisau pemotong dari meat grinder untuk diasah. Sebelum mulai membongkar meat grinder, sebaiknya segera gunakan sarung tangan keselamatan agar tangan tidak tergores dan terluka.

Bersihkan pisau terlebih dahulu

Ketiga, langkah selanjutnya setelah melepas pisau pemotong adalah bersihkan pisau terlebih dahulu sebelum mulai mengasah. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa daging, minyak, lemak, dan bekas bahan lainnya yang mungkin masih menempel pada pisau.

Mulai asah pisau dengan amplas

Keempat, mulailah asah pisau pemotong di meat grinder dengan menggunakan amplas yang sudah disiapkan sebelumnya. Posisikan pisau pada sudut 45 derajat kemudian gosok atau asah pisau tersebut pada permukaan amplas berulang-ulang.

Ujilah ketajaman pisau dan ulangi pengasahan jika belum tajam

Kelima, ujilah ketajaman pisau yang sudah diasah menggunakan amplas dengan cara memotong kertas menggunakan pisau tersebut. Jika dirasa masih kurang ketajamannya, maka ulangilah langkah sebelumnya dan uji lagi sampai dirasa sudah cukup ketajamannya.

Bersihkan pisau setelah dirasa cukup tajam

Keenam, setelah diuji coba ketajamannya setelah diamplas, selanjutnya adalah bersihkan pisau dan tempat mengasah dengan air bersih. Lalu, setelah dibersihkan dengan air bersih, lap pisau dengan kain bersih hingga benar-benar kering dan tidak ada bekas kotoran.

Pasang kembali meat grinder dan coba untuk menggiling

Terakhir, setelah semua proses dari mengasah hingga mengeringkan selesai dilakukan, maka pasang kembali pisau ke meat grinder. Setelahnya, cobalah ketajamannya dengan menggiling daging atau jenis bahan makanan lainnya dan meat grinder akan kembali bisa digunakan.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *