FIFA 13, ‘Masterpiece’ Game Bola di Ponsel

FIFA 13 dan Pro Evolution Soccer (PES) 2013 boleh saja sudah bertarung di ranah konsol game. Namun tidak demikian, untuk versi perlengkapan mobile. Di versi yang lebih mini ini, Electronics Art (EA) sudah lebih dahulu ‘kick off’ di iDevice ketimbang Konami.

Pengguna iOS sudah bisa memainkan Lionel Messi dkk di FIFA 13 ke dalam iPhone atau iPod Touch. Perubahan tentu saja ditawarkan oleh EA di versi FIFA 13 ini. Namun seimpresif apakah evolusi itu?

Nah, untuk memahami apa saja upgrade dan fitur yang ditawarkan, kami juga mengunduh game FIFA 13 ini di perlengkapan iPhone 4S dengan sistem operasi iOS 6. Berikut hasil pengalaman singkat menjajal game ini.

Grafis dan Gameplay

Dengan menemukan lisensi Fifapro tentu saja membuat FIFA 13 berhak untuk memakai logo, kostum, stadion dan nama pemain di bawah naungan organisasi sepak bola dunia tersebut.

Seperti sebelumnya, pemain lebih banyak pilihan dalam memilih kesebelasan yang diharapkan karena di FIFA 13 ini termasuk 30 liga — mulai dari liga Korea sampai Inggris Premierships, 500 lisensi tim/klub, dan lebih dari 15.000 pemain.

Soal grafis tentu saja di FIFA 13 membuat bintang-bintang sepakbola dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Carlos Teves atau Wayne Rooney begitu serupa dengan wajah aslinya. Tapi tidak perlu kecewa bila bintang pujaan kita ‘kok tidak seserupa aslinya’.

Tak hanya keserupaan secara fisik, kami menikmati gaya permainan di FIFA 13 juga semakin natural. Beberapa kali gocekan yang dilakukan antara Messi dan Ronaldo, misalnya, berbeda satu dengan lainnya.

Pemain yang mengandalkan kekuataan jasmani seperti Rooney dan Teves juga terlihat seperti beneran saat memburu bola.

Soal tombol navigasi sebenarnya tidak ada evolusi yang berarti, kecuali ada ekstra tombol baru yaitu ‘Call 2nd Def’ yang bermanfaat menjaga satu lawan dengan dua pemain bergantian. Selain itu tombol lainnya merupakan, ‘Skill Move’, melalui tombol ini player dapat bermain-main dalam menggocek bola dan mengindikasikan skil saat melewati lawan.

Pemain dapat mengkombinasikan gerakan seperti berputar 360 derajat, melepaskan tendangan ataupun melakukan gerakan tipu. Tinggal bagaimana saja mengkombinasikannya.

Tombol menggerakkan pemain masih diletakkan di sebelah kiri layar. Dengan ukuran layar yang kecil, harus pintar-pintar memang antara menggiring bola, mengoper atau langsung menembakkan ke arah gawang.

Sayangnya, yang agak tidak cukup mengasyikkan adalah tombol mengoper atau men-shoot dalam posisi bola mati alias freekick. Pasalnya, kami masih kesulitan men-swipe kekuatan tendangan. Kalau tidak pas kekuatan tendangan bisa lemah atau justru kekencangan.

Satu daftar lainnya, kami merasa semakin mudah dalam menjebloskan bola ke gawang dalam posisi freekick. Dengan susunan kekuataan menendangnya tidak terlalu lemah.

Bila pemain baru pertama kali memainkan Game Bola keluaraan EA ini, tidak perlu cemas atau merasa salah. Sebabnya, sebelum kick off dimulai, akan ada adegan tips untuk bermain. Intinya kesulitan dan fasilitas saling sebanding di FIFA 13 kali ini.

Fitur Permainan

Di sini kami akan memberikan fitur apa saja yang ada di FIFA 13. Pertama adalah ‘Quick Match’, pemain dapat memilih fitur ini sebagai permulaan sebelum mengembara game ini lebih jauh lagi.

Di samping sparing dengan komputer, ada juga pilihan untuk menjajal keterampilan seperti tendangan bebas, menata pola serangan atau penalti dengan memilih ‘Practice’ atau ‘Penalty Shout-out’.

Ingin bertanding melawan sahabat sesama iDevice, silakan pilih GamePad. Di sini lag saat bertanding juga semakin berkurang, dan jauh lebih mulus.

Fitur lainnya adalah Tournament. Tidak hanya liga atau non-liga terkenal maupun yang kurang terkenal. Ya, Anda bisa mengumpulkan piala-piala dalam satu lemari.

Tak kalah menarik adalah mode Manager, di samping bermain sebagai pemain, Anda juga dituntut sebagai seorang manager dalam mengelola suatu tim, termasuk rasanya mendapat desakan dari pihak petinggi klub.

Fitur terakhir adalah mode online. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mode GamePad, tetapi sparing mitra dipilih secara acak dari pemakai FIFA 13 lainnya. Asalkan WiFi dinyalakan, mudah mengejar penantang yang sedang online.

Minusnya memang terkadangsering ngelag, khususnya di saat jaringan sedang lemah. Mode ini juga menunjukkan indikasi kekuataan sinyal WiFi kita.

Kesimpulan

Selama Konami belum merilis Pro Evolution Soccer (PES) 2013 ke versi mobile, sekitar ini FIFA 13 memang layak disebut sebagai masterpiece game sepakbola mobile. Gabungan antara grafis yang memukau, gameplay yang mudah dan beberapa hal pendukungnya seperti stadion, dan kostum yang menyeluruh sudah layak diberikan paling tidak ‘bintang empat’ untuk Game Bola Android ini.

Walau sudah tentu tidak sesempurna di versi konsol game, ada satu hal keajaiban yang cukup menganggu yang kami temukan, contohnya saat memegang bola saat lemparan ke dalam tidak mengenggam sempurna.

Malah pernah, ada salah satu pemain yang sudah dikartu merah di saat pertandingan, ‘tiba-tiba’ nongol ikut berjabat tangan di akhir pertandingan.

FIFA 13 berada di perlengkapan iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch (3rd generation), iPod touch (4th generation), iPod touch (5th generation) dan iPad. Dengan OS 4.0 ke atas. Harganya dibanderol USD 6,99.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *