Lakukan Perawatan Sendiri Untuk Menghindari AC Mobil Tidak Dingin

Hampir semua mobil keluaran baru memiliki fitur AC untuk melengkapi fasilitas mewah yang dimiliki. AC  yang bisa memberikan rasa dingin dan sejuk akan menunjang kenyamanan kita saat berkendara. Apalagi sekarang ini di Indonesia cuacanya sangat panas disiang hari. Bantuan fasilitas AC ini sangat menguntungkan karena perjalanan akan terasa menyenangkan.

Penggunaan AC secara terus menerus tanpa henti tentu akan mempengaruhi kinerja AC. Bisa jadi lama kelamaan AC mobil tidak dingin atau berkurang hawa sejuknya. Maka dari itu sangat penting bagi pemilik mobil untuk melalukan perawatan secara berkala agar AC mobil awet dan tidak terjadi kerusakan yang berarti.

Paling umum dilakukan oleh pemilik mobil saat AC mobil tidak dingin adalah mengecek freonnya. Apakah freonnya habis karena terjadi kebocoran pada selang ataupun lainnya. Namun sebenarnya banyak hal yang mengakibatkan AC mobil jadi terasa tidak dingin. Seperti evaporatornya aus, kondensornya bermasalah, kompresor tidak dapat bekerja secara maksimal dan masih banyak lagi faktor penyebab lainnya.

Untuk itu memang ada baiknya melakukan pengecekan secara rutin di bengkel servis AC mobil agar terawat dengan baik. Anda juga harus melakukan perawatan rutin pada AC mobil supaya tidak sering terjadi kerusakan berarti pada mesin pendingin dalam mobil.

Perawatan pertama yang bisa anda lakukan sendiri adalah menjaga kebersihan kabin mobil. Banyaknya debu dan kotoran dalam kabin akan sangat berpengaruh buruk bagi kondisi mesin pendingin mobil anda. Kotoran berupa debu akan menempel pada komponen AC mobil yang dengan mudah bisa merusaknya.

Hal kedua yang bisa anda antisipasi adalah tidak membuka kaca saat AC dalam kondisi menyala. Aktifitas ini terlihat sepele namun faktanya dengan anda membuka kaca saat AC menyala dapat menimpulkan kerusakan pada AC. Apalagi jika anda membukanya lebar-lebar akan banyak debu yang semakin akan merusak pendingin mobil anda dengan cepat.

Ketiga adalah rutin membersihkan kondensor AC mobil. Kegiatan ini akan sangat berguna agar kondensor bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Debu yang menempel pada kondonsor akan membuatnya mudah mengalami korosi maupun kebocoran.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *