Manfaat Gula Batu pada Tubuh

Manfaat Gula Batu – Tentunya kebanyakan makanan dan minuman tidak lepas dari pemanis yang satu ini. Cek juga web rumahmesin tuk menemukan mesin yang diinginkan.

Meski ada berbagai risiko yang terkait dengan konsumsi berlebihan seperti obesitas dan diabetes, ada berbagai manfaat gula batu yang jarang disadari banyak orang. Diantaranya, bahkan menyumbang nutrisi bagi tubuh.

Gula batu merupakan hasil kristalisasi larutan gula jenuh, yang kemudian mengeras hingga mengeras. Mengandung karbohidrat berupa sukrosa sebanyak 99,70 gram per 100 g. Keberadaannya menawarkan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

1. Sumber Energi Tubuh

SeSumber Energi Tubuh

Tentunya kebanyakan makanan dan minuman tidak lepas dari pemanis yang satu ini. Meski ada berbagai risiko yang terkait dengan konsumsi berlebihan seperti obesitas dan diabetes, ada berbagai manfaat permen batu yang jarang disadari banyak orang.

Diantaranya, bahkan menyumbang nutrisi bagi tubuh.Permen batu merupakan hasil kristalisasi larutan gula jenuh yang kemudian memadat hingga mengeras. Mengandung karbohidrat dalam bentuk sukrosa sebanyak 99,70 g per 100 g. Keberadaannya menawarkan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain

2. Meredakan Stres

Menyeduh teh dengan pemanis ternyata bisa menghilangkan stres. Ini karena gula memiliki kemampuan untuk merangsang hormon kebahagiaan di dalam tubuh, atau yang disebut dopamin, sehingga dapat menimbulkan perasaan senang dan mengurangi ketegangan otak.

Pemanis yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai pemanis pada makanan atau minuman apapun. Tidak jarang es gula atau coklat ditambahkan sebagai bahan dasar. Oleh karena itu, saat mood sedang tidak baik, disarankan untuk mengonsumsi salah satunya.

3. Meredakan Nyeri Haid

Kebanyakan wanita mengalami nyeri sesaat sebelum atau selama menstruasi. Ini terjadi karena kontraksi otot di rahim yang dipicu oleh prostaglandin. Produksi zat tersebut akan meningkat saat seseorang hampir memasuki masa menstruasi.

Maka tak heran jika terkadang banyak wanita mengeluhkan kram menstruasi. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Kram menstruasi bisa diatasi dengan menyeduh teh hangat dengan manfaat tambahan gula batu. Kandungan flavonoid pada minuman ini dapat meredakan nyeri saat haid.

4. Solusi bagi Penderita Darah Rendah

Tekanan darah rendah menyulitkan sebagian orang untuk melakukan berbagai aktivitas. Pasalnya, setiap kali kambuh, seseorang bisa menjadi lemah. Ini karena penurunan energi dalam tubuh yang membantu memompa atau meningkatkan variabilitas tekanan.

Saat pemanis ini dikonsumsi, glikogen di hati dipindahkan ke hipotalamus. Kinerja bagian otak mempengaruhi detak jantung dan dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tubuh dapat terus melakukan aktivitasnya secara maksimal.

5. Menyembuhkan Luka

Penyembuhan luka dengan gula permen sudah ada sejak tahun 1700 SM. SM, yang digunakan oleh dokter di Mesir. Keberadaannya sebagai agen antimikroba sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada luka dan mencegah pembengkakan.

Sebelum digunakan, pastikan pendarahan pada luka sudah berhenti lebih dari 24 jam, lalu beri gula batu di atasnya. Namun, cara pengobatan yang satu ini juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak memperburuk kondisi.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat permen batu yang jarang diketahui orang. Pemanis yang satu ini memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi atau digunakan untuk merawat tubuh. Namun perlu diingat, penggunaannya tidak boleh berlebihan.

Namun yang terpenting adalah mengetahui batasan konsumsi maksimalnya. Jangan mengonsumsi terlalu banyak gula karena tidak baik untuk kesehatan Anda. Karena mengonsumsi gula secara berlebihan bisa memicu diabetes, penyakit jantung, dan sejumlah penyakit serius lainnya.

Oleh karena itu, walaupun gula batu memiliki beberapa manfaat, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, tanyakan kepada dokter Anda tentang jumlah konsumsinya.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *