Mengenal Komponen Dasar Mobil Untuk Belajar Nyetir

Freeibforums.com Indonesia dengan jumlah penduduknya yang melebihi dua ratus lima puluh juta jiwa sangat familiar dengan kendaraan. Apalagi kendaraan disini sangat menunjang untuk aktifitas sehari-hari. Yang berangkat bekerja, sekolah, berwisata, silaturahmi pasti menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat (mobil). Kemudian ditengah perkembangan jaman saat ini, pemerintah mendukung program mobil murah yang biasa dikenal dengan Low Cost Green Car (LCGC). Kemudian didukung juga oleh pihak pembiayaan yang memberikan kemudahan dalam memiliki mobil impian, Bahasa simpelnya kredit mobil gengs. 

Bagi yang sudah memiliki mobil atau yang berniat membeli mobil, pastinya harus sudah tau atau mahir mengemudi mobil. Kita bisa belajar sendiri atau kursus. Bagi yang berdomisili di bandung, kalian bisa mencoba kursus mengemudi bandung.

Sebelum beranjak ke praktek mengemudi mobil langsung, tidak ada salahnya anda memahami beberapa teori mendasar mengenai mobil. Salah satunya komponen dasar pada mobil yang menunjang untuk belajar mengemudi.

Perhatikan interior dibawah ini:

Berikut ini penjelasan komponen-komponen yang perlu anda ketahui sebelum belajar mengemudi mobil:

  1. Lingkar stir atau biasa dikenal dengan steering wheel. Fungsinya untuk menentukan arah laju mobil. Pasti anda tau bahwa setir ini digunakan untuk belok kanan, kiri maupun lurus.
  2. Kisi-kisi AC kanan, gunanya untuk menghembuskan AC bagi sopir disebalah kanan.
  3. Kisi-kisi AC tengah, fungsinya sama namun arah anginnya berada ditengah sehingga bisa menghembuskan hingga ke balakang.
  4. Kisi-kisi AC kiri, untuk penumpang disebelah kiri.
  5. Speedometer, gunanya untuk mengetahui kecepatan laju mobil.
  6. RPM merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan kecepatan putaran mesin. Adapun kepanjangannya adalah revolutions per minute.
  7. MID atau Multi Information Display yang berfungsi menampilkan segala informasi yang berkaitan dengan mobil. Diantaranya, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, jam, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  8. Tuas wiper, yang dapat mengaktifkan wiper mobil saat hujan. Sehingga kaca menjadi bersih meski diguyur hujan lebat.
  9. Tuas lampu, fungsinya untuk mengaktifkan lampu senja, lampu utama, lampu jauh dan lampu sein.
  10. Audio Steering Switch, fungsi ini untuk pengaturan audio melalui setir mobil. Kamu tidak usah capek-capek untuk mengatur volume, next, play, previous melalui head unit, cukup pakai tombol audio yang ada di setir. Jadi perjalanan kamu nyaman dan menyenangkan.
  11. Klakson, pasti sudah tau dengan benda ini. Jadi tidak usah kami sebutkan lagi fungsinya.
  12. Tombol spion, fungsinya untuk mengatur spion, mulai dari arah sipon sampai melipat otomatis spion dari dalam mobil menggunakan tombil ini.
  13. Tuas untuk membuka pintu mobil.
  14. Power Windows, fungsinya tidak lain untuk membuka dan menutup kaca jendela mobil.
  15. Pedal gas, fungsinya untuk menjalankan mobil.
  16. Pedal rem, ini berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan bahkan untuk menghentikan mobil.
  17. Pedal kopling, fungsi kopling dapat memutus putaran mesin yang menuju system transmisi. Pedal kopling ini ditemui pada mobil yang menggunakan transmisi manual saja.
  18. Tuas transmisi, yang berfungsi untuk melakukan perpindahan transmisi. Baik transmisi maju ataupun mundur.
  19. Tombol AC, digunakan untuk mengatur AC mobil, mulai dari pengaturan suhu, kekuatan hembusan, arah hembusan, bahkan pengaturan sirkulasi AC.
  20. Head Unit, bersungsi untuk memutar music, baik itu mp3 maupun video. Sehingga menjadi teman perjalanan anda.
  21. Spion tengah, berfungsi untuk memantau kondisi bagian belakang mobil.

Nah kira-kira ada 21 komponen mobil yang perlu kamu ketahui sebagai bekal untuk belajar mengemudi gengs. Ini baru mobil yang ukuran standart gengs, belum mobil yang memiliki banyak fitur. Apakah kamu merasa komponen tersebut terlalu banyak untuk dihafal? Jangan khawatir gengs, nanti bakal terbiasa koq setelah sering latihan nyetir.

Kamu bisa belajar mengemudi pada orang yang sudah ahli ataupun mengikuti kursus, kususnya sahabat di bandung ini bisa menggunakan kursus mobil bandung.

Sekian materi mengenai komponen dasar mobil gengs, selanjutnya akan dibahas lagi mengenai teknik belajar mengemudi mobil untuk pemula. Semoga bermanfa’at untuk kita semua yaa gengs.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *