Rawat Bayi Prematur Di Rumah ? Begini Caranya !

Seluruh calon orang tua tentunya ingin bayinya terlahir secara normal, namun demikian karena berbagai macam faktor yang mempengaruhi terkadang masih ada juga yang mengalami kelahiran prematur. Hal yang cukup menakutkan tentang bayi prematur adalah gangguan kesehatan. Walaupun banyak juga yang tidak mengalami gangguan kesehatan.

Sebagian orang mengira bahwa bayi prematur harus dirawat secara intensif di Rumah Sakit ataupun Klinik. Memang benar, namun hal itu hanya untuk bayi – bayi dengan kondisi kesehatan yang cukup buruk. Apabila kondisi bayi masih tergolong wajar menurut dokter, bayi prematur bisa dirawat sendiri di rumah. Caranya ? Baca langkahnya di bawah ini :

Tips Perawatan Bayi Prematur Di Rumah

1# – Metode Kanngguru

Apa itu Metode Kangguru, yaitu sebuah metode yang diadopsi dari hewan kangguru saat memperlakukan anak – anaknya. Metode ini sangat baik untuk kesehatan bayi karena terjadi kontak fisik antara ibu dan anak. Hal ini cukup bermanfaat dalam menjaga panas tubuh si bayi dan juga dapat melatih bayi agar menyusu dengan baik.

2# – Susui Bayi Dengan Asi Teratur

Tidak ada makanan yang baik untuk bayi kecuali ASI. Terlebih lagi untuk bayi prematur yang rentan sekali dengan gangguan penyakit. ASI juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan bayi dalam masa pertumbuhan. Sekain itu, ASI memiliki kandungan antibody yang dapat melindungi bayk dari serangan infeksi. Oleh sebab itu, anda wajib menusui bayi prematur dengan ASI.

3# – Cegah Dari Infeksi

Selain dengan memberikan ASI secara teratur untuk mencegah infeksi dari dalam. Anda juga wajib menjaga kondisi lingkungan rawat bayi di rumah anda sedemikian sehingga aman dari kontaminasi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Bila diperlukan anda bisa gunakan Inkubator Bayi sederhana yang bisa anda bikin sendiri atau beli di toko alat medis terdekat di rumah anda.

4# – Perhatikan Kebutuhan Tidur Si Bayi

Selanjutnya adalah kebutuhan Tidur Bayi harus terpenuhi. Bayi Prematur memiliki kebutuhan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan dengan bayi normal lainnya. Oleh sebab itu, hendaknya waktu tidur si bayi perlu diperhatikan dengan benar. Selain itu, posisi saat tidur pun perlu untuk diperhatikan, usahakan bayi tidur dalam posisi terlentang.

5# – Imunisasi Berkala

Imunisasi merupakan hal penting yang harus dilakukan pada bayi prematur. Tidak hanya bayi prematur, bayi normalpun demikian. Ikutilah jadwal imunisasi untuk bayi anda secara bertahap. Anda bisa kunjungi fasilitask kesehatan terdekat dengan rumah anda, atau di program Posyandu.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *