Pantai Rajegwesi, Pernah di Terjang Tsunami dengan Sejuta Keindahan

pernahkah anda mendengar kabar tentang tsunami yang terjadi di tanah jawa? Pantai Rajegwesi, biar pun pernah di terjang tsunami namun pantai ini memiliki sejuta keindahan yang dapat membuat kita merasa nyaman berlibur di sana

Pantai Rajegwesi berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Rajegwesi juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Panorama pantai ini sangat indah, Pasirnya yang berwarna coklat merupakan endapan lumpur yang dibawa dari sungai yang bermuara di pantai ini saat banjir. Pantai ini dikelilingi hutan hijau yang masih terjaga dan asri, di Pantai Rajegwesi juga terdapat batu karang yang sangat besar, warga sekitar menyebut batu karang itu dengan “Rajegwesi” yang memiliki arti “Pagar Besi”. Batu karang tersebut berwarna kemerah-merahan dan juga mengandung biji besi, Warna ke merah-merahan tersebut timbul karena adanya karat karena proses korosi oleh air laut selama bertahun – tahun. Oleh karena itu pantai ini di sebut dengan Pantai Rajegwesi.

pantai rajegwesi

Pantai Rajegwesi juga memiliki kisah yang sedih karena pada tahun 1994 Pantai Rajegwesi pernah di terjang tsunami yang melanda sebagian pesisir selatan Jawa Timur. Tsunami ini terjadi akibat gempa tektonik dengan kekuatan 7,2 skala richter yang terjadi di Palung Jawa. Tsunami ini memakan korban jiwa lebih dari 200 orang, di Pantai Rajegwesi juga terjadi kerusakan yang parah. Pemukiman warga yang berada di pinggir pantai rata oleh gelombang tsunami. Tindakan yang di ambil pemerintah adalah membangun kembali pemukiman di bukit yang dekat dengan pantai, Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kerusakan jika tsunami terjadi lagi. Namun walaupun pernah di terjang tsunami Pantai Rajegwesi seakarang menjadi pantai yang banyak di kunjungi wisatawan karena ke indahannya.

Pantai Rajegwesi biasanya akan ramai di kunjungi wisatawan paket wisata banyuwangi murah pada saat weekend dan waktu libur lainnya karena pantai ini menjadi tempat yang asik melepas penat selama weekdays, dengan pasir kecoklatanya dan berpasir halus, di tambah ombak yang tenang membuat kita menjadi rilex menyambut hari esok. Selain pantai, kita juga bisa lakukan hal lain di sana, seperti wisata agro di desa sarongan yaitu menyaksikan aktivitas warga yang membuatan gula jawa (nderes). Aktivitas ini mulai dari pengambilan air kelapa sampai proses pembuatan gula yang diolah secara tradisional dan juga kita bisa membeli untuk di jadikan buah tangan.

Untuk menuju ke Pantai Rajegwesi yang memiliki kisah sedih namun mempunyai sejuta keindahan ini, kita membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota Banyuwangi. Tidak perlu khawatir dengan biaya masuk ke pantai ini, dengan biaya 10.000 perorang dan 5.000 untuk anak di bawah 5 tahun anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Rajegwesi ini, untuk parkir anda hanya perlu mengeluarkan biaya 2.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil.

Jadi tunggu apa lagi! buruan tentuin tanggal dan siapkan segala kebutuhannya untuk berlibur dan rehat dari segala kesibukan. Sekarang juga sudah banyak travel yang menjual paket menuju pantai indah ini, jika anda tidak ingin repot-repot menyiapkan segala kebutuhan anda juga bisa membeli paket tour dari travel untuk mengunjungi Pantai Rajegwesi ini, Pantai yang memiliki sejuta keindahan ini sudah menunggu untuk di kunjungi. Ada juga pantai indah lainnya dengan mengikuti open trip menjangan tabuhan yang tidak kalah juga keindahannya dengan pantai rajegwesi

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *