Resep Membuat Bakpia Kering Manis dan Lembut

Halo sobat pembaca yang budiman, selamat datang di artikel ini dengan pembahasan resep membuat bakpia kering manis dan lembut yang istimewa nih sob. Ya, bakpia yang satu ini bakal kita buat sendiri di rumah bersama sama. Rasanya manis dan teksturnya padat, lembut dan juga tidak keras sob. Jadi bakpia ini emang cocok dimakan untuk sobat semua yang menyukai sajian ringan sederhana ber cita rasa manis sob.

Seperti yang mimin bilang sebelumnya bahwa mimin pada hari ini bakalan membikin sajian manis yaitu resep membuat bakpia kering manis dan lembut sempurna. Rasanya sangatlah nikmat dan membuat kita terpikat karena rasa enaknya. Cara membuatnya pun sederhana dan tidak susah. Cukup dengan alat alat sederhana dan bahan seadanya pun sobat juga bisa membuatnya sendiri di rumah nih. Sangat mudah untuk dipraktekkan oleh pemula yang baru belajar memasak sekalipun.

Bakpia adalah makanan tradisional khas jogja yogyakarta adalah kue yang berisi campuran kacang hijau. Bentuknya yang kecil dan rasanya yang manis dan asin membuat makanan ini memiliki rasa yang unik. Masyarakat Yogyakarta atau wisatawan yang datang kesini sangat menyukai makanan jenis ini. Selain itu, Bakpia juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta. Oleh karena itu sajian yang unik ini merupakah salah satu icon dari kota Yogyakarta.

Resep Membuat Bakpia Kering yang Enak

Menurut beberapa sumber, Bakpia ini aslinya berasal dari Tiongkok. Di negara asalnya, bakpia ini disebut “tou luk pia”, yang berarti “kue daging” dalam dialek Fujian. Namun Bakpia Yogyakarta sudah beradaptasi budaya dan beradaptasi cita rasa sesuai dengan lidah masyarakat Yogyakarta, sehingga Bakpia ternyata adalah kue unik yang di isi dengan pasta kacang hijau. Rasanya berbeda dan memiliki cita rasa yang unik.

Bakpia ini hampir sama dengan roti bakpao, namun yang membedakan adalah bentuknya yang kecil dan teksturnya yang kering namun lembut. Bakpia ini dibuat dengan cara membungkus campuran kacang hijau dan gula pasir dalam adonan tepung lalu dipanggang. Dalam proses pembuatan bakpia membutuhkan keahlian khusus, karena jika tidak ditangani dengan baik maka bentuk dan rasanya tidak akan sempurna.

Oleh karena itu, Bakpia merupakan makanan asal China. Nama asli Bakpia adalah Tou Luk Pia, yang artinya kulit kacang hijau (kue). Konversi cake yang tidak lagi menggunakan minyak tetapi menjadi cake, cake tersebut telah berhasil diterima oleh semua lapisan kalangan masyarakat. Apalagi bakpia sudah sukses menjadi simbol kuliner khas kota Jogja. Sungguh bakpia kini merupakan makanan yang sangat fenomenal sob.

Namun disini mimin bakalan bimbing kalian untuk membuat bakpia dengan benar sob. Mimin bakalan bimbing kalian melalui artikel ini nih sob, jadi perhatikan langkah langkahnya dengan benar ya sob.

Resep Membuat Bakpia Kering

Bakpia diperkenalkan di Yogyakarta pada tahun 1948. Makanan ini awalnya diperkenalkan oleh keluarga keturunan Tionghoa yang mencoba menjadikan Bakpia sebagai industri rumahan di pedesaan Pathok Yogyakarta. Awalnya bakpia jenis ini hanya dijual antar toko retail dan hanya dikemas dalam keranjang (wadah makanan dari anyaman bambu). Seiring perkembangannya, mulai menarik minat masyarakat dan wisatawan dari Yogyakarta. Oleh karena itu banyak pula orang yang memproduksi dan membuat oleh-oleh khas Yogyakarta.


Di Yogyakarta, Bakpia memulai banyak modifikasi dari berbagai variasi. Selain mereka yang memproduksi makanan ini dalam jumlah banyak, banyak rasa telah dikembangkan, seperti keju, coklat, dan rasa lainnya. Setiap tempat yang dimiliki penjual bakpia pasti memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi rasa, bentuk maupun kemasannya. Bakpia ini mudah ditemukan toko suvenir atau toko kue di Yogyakarta. Bagi yang berkunjung ke Yogyakarta, Bakpia ini bisa dijadikan oleh-oleh.

Rasa dari bakpia yang kita buat tersebut sangat enak dan menarik. Karena itu, cara terbaik adalah mencoba sesuai resepnya. Mimin juga mengingatkan teman-temanku untuk tidak terlalu banyak menggunakan gula saat memasak. Karena terlalu banyak gula tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak gula akan meningkatkan kadar gula darah yang berpotensi membahayakan tubuh dalam jangka panjang, oleh karena itu mohon gunakan gula secara bijak ya sobat.

Bakpia ini merupakan inovasi dari bakpia tradisional yang walaupun aslinya berasal dari Magelang, namun dikenal luas di Yogyakarta. Jika kita mengunjungi pusat oleh-oleh ini akan kita sesuaikan dengan kemasan Bakpia Kencana. Kita juga bisa mencicipi roti bakpia yang baru dimasak, yang masih hangat dan enak. Namun jika sobat membelinya biasanya akan dibanderol dengan harga sekitar 10000 rupiah hingga 50000 rupiah per kotak bakpia. Tegantung merek dan varian bakpia yang sobat pilih sob. Tapi kita kini akan belajar membuatnya nih sob.

Bahan

Bahan Isian Bakpia (Keju & Coklat)

  • 140 gram tepung terigu sangrai merek segitiga biru maupun kunci biru;
  • satu setengah sendok makan maizena campur air utk msg2 adonan isian;
  • 3 sendok makan air dingin utk melarutkan adonan isian;
  • 125 gram gula halus;
  • 15 gram coklat bubuk merek java;
  • 150 gram keju bubuk parmesan cheese;
  • 40 gram susu bubuk fullcream;
  • 50 gram margarine (blue band).

Bahan Kulit Lapisan Pertama

  • 7 gram maizena;
  • 70 gram gula halus;
  • 120 sampai 135 ml minyak sayur; 
  • 60 ml air;
  • 200 gram tepung terigu serbaguna merek kunci biru;
  • 1 sendok teh garam. 

Bahan Kulit Lapisan Kedua

  • 3 sendok makan tepung maizena;
  • 60 ml minyak sayur;
  • 3 sendok makan margarine atau butter.

Langkah-Langkah Membuat Bakpia Kering

Untuk membuat bakpia ini, Anda dapat meninjau langkah-langkah berikut

  1. Siapkan semua bahan dan alat yang diperlukan seperti gelinding, roller (saya menggunakan botol), wadah, spatula, oven.
  2. Isi: Gunakan spatula dan tangan untuk mencampur semua bahan kecuali coklat, keju, tepung maizena dan air es. Sobat bisa menggunakan mixer roti agar hasil adonannya lebih merata dan lebih sempurna
  3. Bagi dengan 2, lalu campur tiap bagian dengan kandungan yang berbeda (yaitu coklat dan keju), lalu tambahkan air dan tepung maizena – jika adonan belum mencapai bentuknya, maka bisa dibentuk. Bulat dan datar.
  4. Pertama tama kita akanMembuat kulit lapisan pertama Campur dan uleni berbagai bahan (kecuali tepung maizena) dengan tangan, hingga halus / bisa membentuk warna putih lengket, agak mengkilat dan lembab. Kami menyarankan Anda untuk mencampur minyak akhir dan secara bertahap jangan menggunakannya secara berlebihan untuk membuat adonan menjadi halus. Atau tambahkan tepung jagung untuk membantu mendapatkan bentuk yang halus atau mudah dibentuk. Kemudian bagi menjadi 28 bagian (melingkar).
  5. Lalu lanjutkan membuat kulit lapisan kedua dengan cara Campur tepung dan minyak dengan tangan dan uleni hingga halus, dan dapat membentuk keadaan agak kuning dibandingkan dengan kulit A, dan warnanya lebih cerah. * Sedikit demi sedikit tambahkan minyak, jika adonan masih sulit dibentuk tambahkan margarin dan tepung maizena. Kemudian bagi 28 bagian (melingkar).
  6. Letakkan adonan kulit kedua pada lapisan kulit pertama yang sudah dicampurkan dan uleni bersama dengan roller (botol yang saya gunakan sudah diminyaki agar tidak menempel pada adonan). Kemudian membentuk bentuk amplop yang tertutup seperti gumpalan, lalu gulung. Bentuklah seperti amplop dan gulung amplop terakhir untuk mengisinya (** Satukan kedua adonan dan gulung 3 kali). Isi coklat / keju yang sudah dibentuk menjadi bentuk bulat pipih kemudian diletakkan di atas kulit yang sudah disiapkan.
  7. Kemudian tutupi filler dengan membuat ujung-ujung kulit rapi dan rapi. Lakukan ini sampai adonan habis. Letakkan di atas loyang, sisakan sedikit jarak di antara keduanya.
  8. Panaskan oven selama kurang lebih 15 menit, tetapi jangan panaskan oven terlalu tinggi agar adonan benar-benar matang dan tidak susut.
  9. Masukkan loyang yang berisi semua adonan tadi dan panggang hingga warna dasar bakpia berubah menjadi cokelat. Jangan terlalu dipanggang terlalu lama agar teksturnya tidak mengeras 😁🤭
  10. Keluarkan, dinginkan, siap disajikan atau dimasukkan ke dalam toples dengan penutup untuk memastikan daya tahannya terjaga dengan baik.

Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan efisiensi sebaiknya adonan bakpia dibagi dengan rata, ukurannya tepat, dan juga presisi. Untuk mendapatkan ukuran tepat dan presisi sobat bisa menggunakan mesin pembagi adonan yang powerful dan awet.

Tentang Bakpia Kering

Bakpia merupakan jajanan khas Yogyakarta yang sering dijadikan oleh-oleh saat ke sana. Yang saya tahu ada dua macam bakpia, yaitu bakpia pathuk seperti bakpia basah dan bakpia kering, yaitu bakpia berkulit lebih gelap. Bahan yang digunakan pada kedua jenis bakpia ini hampir sama, namun kulitnya berbeda, isinya juga bisa diisi dengan berbagai macam rasa, seperti kacang, keju coklat, selai, bahkan ubi ungu. Memang kini bakpia bisa di isi dengan menggunakan pilihan isian apa saja untuk menyempurnakannya.

Perbedaan bakpia basah dan bakpia kering terletak pada cara pembuatannya. Untuk bakpia basah, setelah mengkombinasikan kedua kulitnya cukup dengan melipat kulitnya satu kali, kemudian dibulatkan dan direndam dalam minyak terlebih dahulu, baru ditambahkan isiannya. Sedangkan untuk bakpia kering, kedua lapisan tersebut disatukan kemudian dibentuk seperti amplop, dan digulung berulang kali seperti amplop sebanyak tiga kali untuk melapisi kulit dan menghasilkan kulit yang renyah. Bakpia kering tidak perlu direndam dalam minyak sebelum diisi, sehingga isian kacang tanah dapat ditambahkan ke dalam isian segera setelah proses pelipatan.

Baik sob, cukup sekian artikel mimin kali ini. Jika menurut sobat ini sangat bermanfaat silahkan sobat bagikan artikel ini kepada teman, keluarga, sahabat, atau orang orang terdekat lainnya. Semoga bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai berjumpa di artikel mimin yang selanjutnya yaa.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *