Seperti Inilah Contoh Rumah Sehat Dan Bersih

Siapa bilang penilaian contoh rumah sehat dan bersih itu sangat subjektif. Sudah tahukah Anda jika ada indikator rumah dikatakan sehat dan bersih. Nah, agar rumah Anda masuk dalam kategori sehat dan bersih, bisa diupayakan dengan tips menata rumah supaya bersih dan sehat berikut ini.

Siapapun pastinya ingin memiliki rumah yang sehat dan bersih. Namun terkadang keinginan itu hanya sebatas keinginan saja. Artinya banyak yang belum sampai pada tahap doing. Padahal selalu mengupayakan kondisi rumah agar tetap sehat dan bersih itu merupakan sebuah keharusan. Jika memang seperti itu, apa yang seharusnya dilakukan?

baca juga: home cleaning tangerang

Kenali Bedanya Rapi dan Bersih

Secara makna, rapi dan bersih sangatlah berbeda. Anda bisa saja memiliki rumah yang benar-benar bersih, tapi belum tentu rumah Anda ini bisa dibilang rapi. Buktinya masih ada barang-barang yang berserakan di rumah, pakaian yang belum ditata di lemari, tempat tidur yang belum dibereskan, dan lain sebagainya.

Kondisi rumah seperti ini belum bisa dikatakan contoh rumah sehat dan bersih. Nah, agar rumah Anda masuk dalam kategori rumah sehat dan bersih, saat membersihkannya, jangan lupa untuk sekaligus merapikannya juga.

Miliki Rutinitas Beres-Beres Rumah

Umumnya mereka yang rumahnya rapi selalu memiliki rutinitas untuk merapikannya. Bahkan mereka tidak menunggu waktu hingga rumahnya kotor atau berantakan. Menunggu kondisi rumah seperti ini justru bisa menghabiskan banyak waktu untuk membersihkannya.

Dengan demikian, memiliki rutinitas agar menjaga rumah tetap rapi adalah hal penting yang harus dilakukan. Merapikan tempat tidur setelah bangun, memastikan si Kecil menaruh kembali mainannya setelah selesai main, atau langsung melipat pakaian setelah selesai dicuci dan dijemur adalah beberapa contoh sederhana yang bisa dilakukan.

baca juga: jasa bersih rumah tangerang

Membersihkan Ruangan dan Barang Setelah Selesai Digunakan

Sama halnya seperti berberes, kebersihan pun juga harus dirutinkan dan dibiasakan. Sebab jika dilakukan segera, Anda tidak perlu membiarkan waktu dan tenaga habis ketika memilih membersihkannya dalam sekali waktu.

Contoh sederhana dari kebiasaan ini adalah mencuci piring setelah habis makan, melap wastafel dapur setelah digunakan, dan lain sebagainya. Dengan selalu menjaga kebersihan rumah, secara otomatis rumah pun akan sehat untuk para penghuninya.

Memiliki Sedikit Barang

Memiliki sedikit barang yang dimaksud di sini bukan berarti Anda harus menyingkirkan atau menjual semua barang tersebut. Melainkan taruhlah barang yang berguna di tempat-tempat yang terbuka. Misalnya saja seperti meja, lemari, konter, dan lain sebagainya.

Selebihnya, Anda bisa menyimpan dalam lemari jika barang tersebut masih dibutuhkan. Atau ditaruh di gudang jika memang sudah tidak lagi diperlukan. Tindakan seperti ini bisa mempermudah Anda untuk mengatur barang-barang sesuai dengan keperluan. Selain itu, rumah pun akan terlihat selalu rapi.

Ingat rumah yang rapi belum tentu bersih. Di sisi lain rumah yang rapi belum tentu sehat. Artinya jangan hanya membuat rumah Anda sehat dan bersih saja. Tetapi buatlah rumah Anda selalu rapi. Dengan demikian, upaya Anda untuk menjadikan hunian sebagai contoh rumah sehat dan bersih akan menjadi inspirasi bagi semua orang.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *